Strategi Siklus Hidup Produk/Product Life-Cycle (PLC)


Setelah meluncurkan produk baru, manajemen ingin agar produk tersebut memiliki umur yang panjang dan sukses. Meskipun tidak berharap produk tersebut terjual selamanya, perusahaan ingin mendapatkan keuntungan yang cukup untuk menutupi semua upaya dan risiko yang telah dikeluarkan untuk meluncurkannya. Manajemen menyadari bahwa setiap produk akan mengalami siklus hidup, meskipun bentuk dan durasinya belum dapat diprediksi dengan pasti sebelumnya.


PLC memiliki lima tahapan berbeda:

1. Product Development. Pengembangan produk dimulai ketika perusahaan menemukan dan mengembangkan ide produk baru. Selama pengembangan produk, penjualan akan nol, dan biaya investasi perusahaan akan meningkat.

2. Introduction. Perkenalan adalah periode pertumbuhan penjualan yang lambat seiring dengan diperkenalkannya produk ke pasar. Tidak ada keuntungan pada tahap ini karena biaya pengenalan produk yang besar.

3. Growth. Pertumbuhan adalah periode penerimaan pasar yang cepat dan peningkatan keuntungan.

4. Maturity. Kedewasaan adalah masa melambatnya pertumbuhan penjualan karena produk telah diterima oleh sebagian besar pembeli potensial. Keuntungan datar atau menurun karena peningkatan pengeluaran pemasaran untuk mempertahankan produk terhadap persaingan.

5. Decline. Penurunan adalah periode ketika penjualan menurun dan laba menurun.

Tidak semua produk mengikuti kelima tahapan dalam siklus hidup produk (PLC). Beberapa produk diperkenalkan dan menghilang dengan cepat, sementara yang lain tetap berada dalam tahap dewasa untuk waktu yang lama. Beberapa perusahaan mengalami penurunan dan kemudian kembali ke tahap pertumbuhan melalui promosi atau reposisi yang kuat. Terlihat bahwa merek yang dikelola dengan baik dapat bertahan selamanya. Merek-merek terkenal seperti Coca-Cola, Gillette, Budweiser, Guinness, American Express, Wells Fargo, Heinz, Kikkoman, dan saus TABASCO, misalnya, masih tetap kuat setelah lebih dari 100 tahun. Bir Guinness telah ada selama lebih dari 250 tahun.

Tabel berikut merangkum karakteristik utama setiap tahapan PLC. Tabel tersebut juga mencantumkan tujuan dan strategi pemasaran untuk setiap tahap.


Sumber:

Kotler, P. and G. Armstrong, 2018. Principles of Marketing. 17th edition. Pearson Education Limited. UK.

Komentar